gTumo



gTumo berarti Energi Api Sakti. Pada jaman dahulu, gTumo merupakan suatu pelajaran yang amat rahasia. Para Lhama di Tibet harus mencapai suatu tingkatan spiritual tertentu untuk bisa mendapatkan pelajaran tentang gTumo ini. gTumo adalah sebuah teknik penyembuhan yang pada dasarnya dilakukan dengan menyentuhkan kedua telapak tangan pada bagian tubuh, baik tubuh kita sendiri maupun tubuh orang lain. Selain sentuhan secara langsung, gTumo juga dapat dipraktekkan secara jarak jauh tanpa batasan jarak dan waktu. Berbeda dengan Reiki, peletakan tangan pada gTumo tidak perlu berpindah-pindah posisi. Cukup pada Medulla Oblongata pada pasien dan pada kedua paha atau dada untuk diri sendiri. Waktu yang dibutuhkan untuk satu sesi pengaliran energipun tidaklah selama Reiki, cukup 20-30 menit.

Orang Tibet membagi gTumo menjadi 3 bagian utama, yaitu gTumo Esoteris,gTumo Exoteric dan gTumoMistik. Teknik penyembuhan Reiki yang dikembangkan oleh Master Mikao Usui dari Jepang, yang kemudian berkembang luas di dunia saat ini merupakan bagian kecil atau penggalan dari gTumo Exoteric.

1. gTumo Esoteris

gTumo Esoteris merupakan suatu Teknik yang berupa penguasaan napas dan sekaligus merupakan pengembangan dari Manipura Chakra, hampir serupa dengan jenis tenaga dalam yang berkembang di Indonesia, walaupun serupa tetap saja tidak sama, karena pada gTumo Esoteris tidak dikenal penahanan napas. Teknik ini berfungsi sebagai perlindungan terhadap suhu yang amat dingin, sehingga seseorang sanggup bertahan terhadap suhu yang amat dingin. Seseorang yang menguasai gTumo Esoteris dengan baik, ia bisa membuat bola energi sekehendak hatinya dengan tujuan sesuai yang diinginkan pula. Ilmu ini hanya bagi mereka yang masih ingin bergelut dengan kesaktian atau yang masih berkesadaran rendah. Tidak ada hubungannya dengan spiritualitas.

2. gTumo Exoteric

Berbeda dengan Reiki, pengaliran gTumo tidak perlu berpindah-pindah posisi, peletakan tangan cukup pada kedua paha (untuk diri sendiri) atau pada bagian dada dan perut dan pada Medula Oblongata (pundak dengan ibu jari pada Visudha Chakra) untuk orang lain. Pengaliran energi cukup 10-15 menit setiap hari. Dalam gTumo ada 14 buah simbol mistik yang merupakan cikal bakal dari seluruh aliran besar Reiki di dunia. Dengan gTtumo seseorang dapat meningkatkan energinya hingga tak terbatas (level 2 ke atas). Penyembuhan jarak jauh dengan menggunakan simbol-simbol tertentu membantu mempercepat kesembuhan pasien(cukup +/- 1 menit untuk tiap pasien atau lebih dengan tingkat energi dan waktu bekerjanya energi yang bisa diprogram khusus level 2 ke atas).

3. gTumo Mistik

gTumo mistik merupakan sebuah teknik Meditasi kuno berasal dari Tibet yang berkembang sejak ribuan tahun yang lalu. Meditasi gTumo Mistik seperti halnya dengan gTumo exoteric juga terbagi menjadi 4 bagian. Dimana masing-masing bagian saling menunjang dan berhubungan. Berbeda dengan gTumo Exoteric gTumo mistik tidakmengenal Simbol/Pola Energi, melainkan Mantra Mistik. Mantra yang diucapkan menuju kepada Mantra Caitanya (pemahaman artimantra) sehingga dihasilkan Mantra Gatha (kekuatan dari mantra). Dengan melakukan meditasi gTumo Mistik, maka kesaktian-kesaktian dari masing-masing Chakra akan aktif sehingga seseorang yang benar-benar menguasai gTumo Mistik yang sempurna memiliki kesaktian bagaikan Dewa Siva sendiri. Bila dibandingkan dengan Reiki, kwalitas energi gTummo level I lebihbaik sekitas 7 kali diatas Reiki I. Dalam gTumo level II, dikenal simbol-simbol atau pola-pola energi yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Reiki.



Angkur gTumo

Mempelajari gTumo yang dibutuhkan hanya sebuah Angkur dari seorang Vajra Master. Angkur merupakan suatu proses penyelarasan/ penyesuaian serta pembukaan jalur-jalur energy pada diri seseorang agar lebih selaras dengan energy alam semesta, sehingga setelah proses tersebut dilakukan maka dalam diri seseorang akan mengalir energy gTumo. Proses Angkur hanya membutuhkan waktu ± 10 menit, baik Angkur secara langsung maupun jarak jauh.

Tanpa mendapatkan Angkur seseorang tidak akan bisa mengalirkan gTumo, walaupun memiliki buku panduannya. Namun tidak berlaku pada orang yang telah mencapai suatu tingkat spiritual yang sangat tinggi, sehingga otomatis orang itu memiliki jalur energy yang selaras dengan alam semesta. Untuk sampai pada kondisi ini tentunya memakan waktu yanng cukup lama. Menjadi praktisi gTumo lewat Angkur adalah jauh lebih cepat dan mudah. Angkur membuat seseorang mampu menarik tenaga dari alam melalui chakra-chakra pada dirinya dan mengalirkannya untuk penyembuhan maupun berbagai keperluan dalm kehidupan sehari-hari.

Sensasi yang biasa dirasakan siswa selama proses inisiasi/angkur adalah timbul getaran di seluruh badan, kesemutan, panas, dingin, melihat cahaya, merasa melayang, mandi keringat, dll. Kasus-kasus tersebut biasa terjadi pada orang yang peka, sering bermeditasi atau berlatih ilmu lainnya. Namun ada juga beberapa orang yang tidak merasakan sensasi apapun juga, hal ini biasanya disebabkan karena kurang peka terhadap energy secara keseluruhan. Namun demikian merasakan sensasi atau tidak, proses angkur tetap terjadi dengan sempurna. Proses kesembuhan yang terjadi bukan dipengaruhi oleh sensasi yang dirasakan. 



Tingkatan gTumo

Tingkat 1

Seseorang yang telah mendapatkan angkur gTumo tingkat 1 disebut Respa of gTumo (RG). Tingkat pertama ini mengajarkan teknik-teknik dasar penyelarasan energy, teknik penyembuhan jarak jauh tingkat dasar, grounding, memutuskan hubungan energy, dll. Pada tingkatan ini proses angkur membentuk energy eteris yang melapisi aura luar seseorang. Semakin rajin seorang Respa menyalurkan gTumo, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain, akan mendapatkan dampak positif pada dirinya dari berbagai aspek kehidupan secara fisik, mental, maupun spiritual.

Seorang Respa dapat menerapkan gTumo untuk berbagai macam tujuan hanya dengan telapak tangannya pada obyek yang dituju. Penyaluran gTumo akan mengalir hanya dengan berpikir saya menyalurkan energy gTumo” pada saat sebelum menyentuhkan telapak tangan ke obyek yang dituju. Pada saat proses penyaluran, Respa justru tidak perlu berpikir tentang penyaluran gTumo. Waktu luang saat penyaluran gTumo dapat diisi dengan zikir, do’a dan meditasi.
             
Menerapkan gTumo pada orang lain untuk tujuan penyembuhan, seorang Respa hanya menyentuhkan dua telapak tangannya pada pundak orang tersebut dengan kedua ibu jari menyentuh Medula Oblongata yang merupakan puncak tulang punggung dan sebagai pintu masuk energi gTumo. Penyaluran gTumo untuk penyembuhan oleh seorang Respa membutuhkan waktu antara 20-30 menit. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum ataupun sesudah sesi penyembuhan. Perlu juga diperhatikan bahwa sebaiknya Respa maupun pasien melepaskan benda-benda yang bisa menghambat energy seperti logam, jam, kacamata, perhiasan, dll.
             
Sensasi yang biasa diarasakan oleh Respa biasanya adalah rasa hangat, dingin, merasa tersedot, kesemutan, bahkan mungkin juga tidak merasa apa-apa. Biasanya pasien yang menerima energy juga marasakan hal yang sama. Bukan hal yang aneh bila dalam sesi penyembuhan pasien tiba-tiba merasa sedih kemudian menangis. Kondisi tersebut terjadi karena adanya pelepasan-pelepasan emosi terpendam yang keluar akibat dorongan energy gTumo.


Tingkat 2
             
Pada grade 2 energy seorang Respa ditingkatkan hingga 108x. seseorang yang telah mendapatkan angkur gTumo tingkat 2 disebut High Respa of gTumo (HRG). Seorang High Respa dapat menerapkan gTumo untuk berbagai tujuan dengan menyentuhkan telapak tangannya pada obyek atau dengan menggunakan pola energi gTumo exoteric. GTumo Exoteric terdiri dari 5 pola energi utama yaitu Anu, Chakra, Manas, Kala, Tana serta 9 pola energi pendukung yaitu Nihsanga, Niyati, Shabda, Prana, Kulakundalinii, Divya, Buddhi, Dharma, Padma. Pada tingkatan ini proses Angkur akan membentuk energy eteris yang melapisi aura luar dan dalam.
            
Pada tingkatan ini chakra-chakra siswa dibuka lebih banyak lagi, terutama chakra ajna sehingga siswa tersebut memiliki potensi mengembangkan kemampuan psikisnya.
            
Pada tingkatan ini High Respa diberi kemampuan untuk membuat berbagai macam program secara praktis seperti: kemampuan meningkatkan energy, membuat perlindungan psikis, penanganan masalah mental dan emosional, mewujudkan keinginan, dll.


Tingkat III (Personal Master)
            
Seorang yang telah mendapatkan angkur gTumo tingkat Personal Master mendapat sebutan Master of gTumo. Pada Grade Master energy gTumo yang mengalir jauh lebih besar  dan lebih halus dibandingkan dengan tingkat 2, dengan demikian proses penyembuhan secara keseluruhan terjadi dalam waktu yang jauh lebih singkat. Pada tingkat 3, energy seorang High Respa ditingkatkan hingga 1000 kali.
             
Pada tingkatan ini energy Master of gTumo akan sangat memungkinkan untuk melakukan penyembuhan masal secara serentak seorang diri. Pada tingkatan ini, proses Angkur akan membentuk energy eteris yang melapisi aura luar dan dalam, serta membersihkan aura Anda dari energy negatif. Sebab pada level ini energy gTumo mengalir melalui 72.000 nadi yang aktif dan terbuka ke seluruh lapisan tubuh, sehingga aura lebih bersih dan energi alam semesta silih berganti memasuki dirinya, sehingga getaran energynya semakin tinggi. Kondisi ini membuka peluang bagi Master of gTumo untuk lebih waskita serta berkembang intuisinya.


Tingkat IV (Vajra Master)
             
Tingkat IV memberikan kemampuan seseorang untuk dapat memberikan angkur pada orang lain. Seseorang yang telah mendapatkan angkur gTumo tingkat Personal Master mendapat sebutan Vajra Masterof gTumo (VMG). Keunikan dan kekhasan tingkatan Vajra Master adalah gTumo akan mengalir secara otomatis pada seseorang yang membutuhkan penyembuhan – meskipun ia tidak bertemu langsung dengan Vajra Master hanya dengan mengucapkan nama spiritual dari  Vajra Master beberapa kali dalam pikiran atau membayangkan wajahnya saja.